Perencanaan pernikahan berdasarkan anggaran

Perencanaan pernikahan

Perencanaan pernikahan berdasarkan anggaran memang harus dirancang dengan matang sebab menyangkut beberapa aspek yang saling berkaitan terutama masalah anggaran yang perlu dipersiapkan. Anggaran pernikahan itu sangat penting tanpa anggaran yang cukup prosesi pernikahan tidak akan berjalan lancar. Maka sebaiknya prosesi pernikahan disesuaikan dengan anggaran.

Bagi Anda yang mempunyai anggaran minimalis dan terbatas, sebaiknya dalam resepsi pernikahan tidak perlu mewah yang penting pernikahan sah menurut agama dan negara. Adapun  rukun dan syarat sah pernikahan diatur oleh ajaran islam dan oleh negara diatur dalam UU no.1 Tahun 1974. Dalam hal ini agar proses pernikahan berjalan lancar tanpa ada masalah dikemudian hari.

Menikah merupakan hal yang sakral dalam kehidupan seseorang yang terjadi sekali dalam hidup, sehingga persiapan pernikahan yang direncanakan akan berjalan lancar. Sikap jujur, terbuka, saling berkomunikasi dan tanggung jawab sangat diperlukan. Tips dibawah ini mungkin bisa membantu anda dalam merencanakan pernikahan:

* Mengadakan Anggaran dengan menabung
Saatnya anda menyisihkan hasil kerja untuk keperluan pernikahan sebab membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Berhentilah untuk foya-foya membelanjakan uang untuk hal yang tidak penting. Mulailah merubah kebiasaan boros, latihlah mental lahir dan batin untuk menghadapi pernikahan.

*Mempersiapkan diri
Persiapan jasmani maupun rohani dalam merencanakan pernikahan baik dengan konsultasi ahli kesehatan dan konsultasi dengan ahli spiritual. Ini sangat penting mengingat butuh persiapan mental yang kuat dalam menghadapi dan menangani perencanaan pernikahan.

*Memilih Wedding Organizer (WO) yang tepat
Mencari informasi tentang wedding organizer sebanyak mungkin, buat daftar dari beberapa WO, saring dan pilihlah yang tepat sesuai kebutuhan, terutama memilih WO sesuai anggaran. Komunikasi antar keluarga sangat diperlukan untuk memilih WO yang seperti apa. Mulai dari Tata rias, Dekorasi Pelaminan, Fotografer, Hiburan, Catering dan lain-lain. 

Resepsi pernikahan yang sejatinya moment bahagia, maka jangan sampai acara berantakan tanpa konsep. Pernikahan yang dihadiri banyak tamu undangan harus bisa menyenangkan hati para hadirin yang ikut menyaksikan proses sakral ini.  Tamu undangan baik saudara, kerabat, Sahabat dan Rekan sangat bahagia jika pernikahan anda berjalan lancar dan disuguhkan hal-hal yang menarik.